Tips Merawat Laptop

Saat ini, komputer jinjing alias laptop telah menjadi alat wajib bagi para pelajar di Indonesia. Hampir semua orang dalam suatu lingkungan sekolah ataupun kampus telah menggunakan alat ini. Bagi orang awam, mungkin laptop terus digunakan setiap waktu, baik untuk bermain game, berselancar di dunia maya, mengerjakan tugas-tugas dan lain-lain tanpa memperhatikan perawatan laptop tersebut, sehingga terkadang sangat cepat membuat kinerja laptop menjadi berkurang maupun rusak dengan cepat. Untuk mengatasi atau memperpanjang umur laptop, berikut saya akan memberikan beberapa tips agar barang kesayangan Anda menjadi lebih awet :

  1. Agar baterai laptop menjadi lebih awet, sebaiknya di saat Anda menggunakan laptop untuk di rumah, tidak usah menggunakan baterai, alias baterai dicabut (laptop menggunakan listrik dari PLN aja).
  2. Selalu bersihkan debu yang menempel pada keyboard laptop, karena hal ini bisa membuat debu masuk ke dalam keyboard yang bisa menyebabkan komponen-komponen yang ada di dalam laptop menjadi berdebu, sehingga membuat kinerja laptop menjadi berkurang.
  3. Pakailah cooler(kipas) untuk membuat suhu laptop anda menjadi tidak cepat panas.
  4. Pakailah pelindung monitor laptop Anda. (lebih baik pasang sendiri karena harga pasang di counter-counter sangat jauh berbeda dengan harga pasang sendiri)
  5. Usahakan pemakaian laptop jangan lebih dari 12 jam secara terus-menerus, karena hal ini yang bisa membuat laptop menjadi cepat rusak.
  6. Hindari untuk menutup laptop dalam keadaan menyala, walaupun itu aman, tapi bisa membuat engsel monitor anda cepat rusak.
  7. Setelah menggunakan laptop, jangan dulu menutup laptop anda selama 5-10 menit, agar panas di laptop hilang terlebih dahulu. (saran saya diamkan di lantai agar cepat dingin)
  8. Apabila keadaan laptop panas, jangan dimasukan ke dalam tas ataupun softcase laptop. biarkan dingin terlebih dahulu.
  9. Jangan menggunakan laptop di bawah sinar matahari secara langsung.
  10. Agar speaker laptop anda awet, ada baiknya membeli speaker tambahan untuk mendengarkan suara dari laptop anda.
  11. Jangan terlalu sering digunakan untuk bermain game.
  12. Selalu perlakukan laptop anda dengan baik, agar laptop anda nyaman.


soniibrol Corp. (c) 2011

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Program VB.Net - Database SQL

Nightmareside ARDAN 2012